Indonesia Flag Orb Wisata Mistis Lawang Sewu ~ Indahnya Negeriku,INDONESIA

Rabu, 12 Desember 2012

Wisata Mistis Lawang Sewu

Ada beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata di Jawa Tengah, beberapa diantaranya adalah Borobudur, Karimunjawa, Sangiran, Pangandaran, dan Lawang Sewu. Yang akan kita bahas kali ini adalah objek wisata Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan salah satu lokasi wisata favorit di Semarang. Setelah Bangunan ini diresmikan oleh pemerintah, diharakan agar semakin banyak pengunjung yang datang ke bangunan tua ini.

Ciri khas bangunan Lawang Sewu adalah pada desainnya yang artistik serta memiliki nilai historis yang kental. Salah satu yang menarik dari bangunan ini adalah memiliki pintu yang sangat banyak. Lawang Sewu sendiri memang memiliki arti "Pintu Seribu". Pintu dan jendela yang terdapat di sekitar bangunan ini sangat besar dan tentunya akan membuat anda takjub jika sudah masuk ke dalamnya.

Orang yang pertama kali merancang bangunan megah ini adalah seorang arsitek asal belanda bernama C.Citroen dan B.J. Quendag. Pembangunannya sendiri memakan waktu kurang lebih 4 tahun, yaitu dari 1903 hinga 1907. Gedung ini dulunya sempat dipergunakan sebagai kantor NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij), sebuah perusahaan kereta api Belanda pada masa itu. Dari depan bisa anda lihat terdapat 2 buah menara kembar yang berdiri tegak. Menara ini terbagi menjadi 2 area berbeda, agak memanjang ke belakang. Dari sini anda bisa melihat nuansa bangunan ala Eropa yang identik dengan desain yang besar, kokoh, dan estetis.

Sebelum Jepang mengambil alih kekuasaan, ruangan bawah tanah di Lawang Sewu merupakan tempat pembuangan air. Namun setelah pendudukan tentara Jepang, tempat ini berubah menjadi penjara bawah tanah. Saat Jepang menduduki tempat ini, pernah terjadi sebuah pertempuran sengit antara tentara Jepang dan rakyat Indonesia. Pertempuran itu terjadi pada 14 Oktober 1945 - 19 Oktober 1945. Sebuah monumen bernama Tugu Muida didirikan untuk mengenang kejadian ini. Karena Objek Wisata Lawang Sewu merupakan salah satu tempat bersejarah di Semarang, bangunan ini dimasukkan dalam daftar situs yang patut dilindungi.
Saat ini Lawang Sewu tidak lagi dipergunakan untuk kegiatan pemerintahan, namun sudah menjelma menjadi objek wisata. Anda bisa datang kesini jika ingin menikmati wisata berbau mistis. Hanya dengan tiket seharga 5 ribu rupiah, anda sudah bisa masuk ke dalam bangunan megah 2 lantai ini. Jika anda sudah memasuki kompleks bangunan Lawang Sewu, jangan heran jika bulu kuduk anda tiba-tiba berdiri.

Banyak cerita seram yang mengelilingi bangunan ini, mungkin anda sudah familiar dengan cerita-cerita tersebut. Dari  penerawangan yang dilakukan oleh para ahli supranatural, ditemukan bahwa di bangunan ini memang angker dan dihuni oleh banyak makhluk halus. Dulu pernah ada wacana untuk mengubah Lawang Sewu menjadi hotel, namun setelah diketahui banyak terdapat makhluk halus niat tersebut diurungkan.
Beberapa ruangan di dalam bangunan Lawang Sewu memiliki kesan mistis yang sangat kuat, salah satunya adalah penjara bawah tanah. Di dalam ruangan ini, suasananya benar-benar gulap-gulita. Ruangan ini dulunya merupakan tempat penyiksaan / penjara bagi para pejuang Indonesia yang ditawan oleh tentara Jepang maupun Belanda. Ada sebuah ruangan yang disebut penjara jongkok disini. Di dalam ruangan ini terdapat banyak bak beton dengan tinggi 1 meter. Bak tersebut merupakan tempat penyiksaan para pejuang, mereka dipaksa untuk berjongkok dan berendam di dalamnya. Ruangan lain yang juga sangat seram di dalam bangunan ini adalah ruangan eksekusi. Ini merupakan tempat dimana para tahanan dihukum mati dengan cara dipenggal.
Walaupun objek wisata Lawang Sewu terkenal dengan cerita mistinya, tak bisa dipungkiri jika kemegahan bangunan ini juga bisa membangkitkan rasa kagum kita. Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, setiap sudut di dalam bangunan ini sangat layak untuk anda abadikan.

0 komentar:

Posting Komentar