Indonesia Flag Orb Suku Amungme ~ Indahnya Negeriku,INDONESIA

Minggu, 16 Desember 2012

Suku Amungme

Suku Amungme adalah salah satu suku bangsa di Papua yang bertempat tinggal di beberapa lembah luas di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Puncak Jaya. Sebagian lagi menetap di lembah Beoga  serta dataran rendah di Agimuga dan kota Timika.
Nama Amungme berasal dari dua kata yang mempunyai makna berbeda yaitu “amung”, yang berarti “utama” dan “mee” yang artinya “manusia”. Orang Amungme meyakini bahwa mereka adalah keturunan pertama dari anak sulung bangsa manusia.
Perilaku dan watak masyarakat Amungme identik dengan alam tempat mereka hidup. Mereka menggangap diri sebagai penakluk, penguasa, serta pewaris alam dari tangan Nagawan Into (Tuhan). Kerasnya alam pegunungan membuat karakter masyarakat Amungme menjadi keras, tidak kenal kompromi, adil, dan jantan. Mereka juga selalu melakukan penuh persiapan dalam segala aktifitas.
Bahasa daerahnya Suku Amungme ada dua, yaitu Amung-kal yang digunakan oleh orang Amungme yang hidup di sebelah selatan, dan Damal-kal untuk orang Amungme yang hidup di sebelah utara.
Mata pencaharian Suku Amungme umumnya berburu binatang karena ditunjang faktor alam dengan berbagai jenis fauna seperti babi hutan, burung kasuari, burung mambruk, kakaktua, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar